Air Terjun Tegenungan 16/12/2014




Air Terjun Tegenungan

Objek wisata yang berada di sekitar wilayah ubud menjadi salah satu objek wisata refrensi bagi anda yang berlibur kebali

Untuk berwisata santai tentunya anda harus memilih paket khusus dimana anda akansecara bebas mengunjungi tempat-tempat wisata di bali tanpa harus terburu-buru waktu

Mengenai Air Terjun Tegenungan Ubud

Air terjun Tegenungan, memiliki tinggi kira-kira 4 meter, tapi memiliki debit air yang lumayan banyak. Debit air terjun akan sangat besar pada saat musim hujan, yaitu kisaran bulan Desember sampai Februari. Di dasar air terjun anda akan dapat menemukan area kecil seperti kolam.

Air di dalam kolam sangat jernih dan cocok buat anda yang sekedar ingin bermain air atau mandi. Namun saat musim hujan, disarankan anda tidak mencoba mandi, karena debit air sangat besar. Selain dapat melihat pemandangan air terjun, di lokasi air terjun ini, anda juga dapat melihat pura dan pancoran air yang berasal dari mata air alami.

Objek wisata air terjun Tegenungan Gianyar juga memiliki nama lain yaitu air terjun Kemenuh,

AIr tejun tegenungan karena berada di desa Kemenuh kabupaten Gianyar. Alamat atau Lokasi dari air terjun Kemenuh, berada di Desa Kemenuh yang merupakan wilayah Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Untuk melihat lokasi pasti dan mengetahui jalan menuju air terjun Tegenungan Gianyar, mohon di lihat pada peta di bawah ini!

Dilihat dari peta, maka lokasi air terjun Tegenungan adalah lokasi air terjun yang terdekat dengan Bali Selatan. Sebagian besar air terjun di Bali berlokasi di daerah pengunungan atau daerah yang memiliki dataran tinggi. Tetapi air terjun Tegenungan, satu-satunya yang berada di dataran rendah.

Jika anda menginap di kawasan wisata Kuta, untuk mencapai lokasi dari air terjun Kemenuh akan menumpuh jarak 33 kilomter, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit, tentunya jalan dalam kondisi normal atau tidak macet.

Lokasi air terjun tidak berada di tepi jalan, agar anda menemukan lokasi dari air terjun Kemenuh, anda perlu menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan dari tempat parkir, sampai anda menemukan bibir sungai Petanu. Untuk menuruni ratusan anak tangga, tidak begitu terasa capeknya. Tapi saat anda harus kembali ke tempat parkir kendaraan, maka anda harus menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan. Di sinilah ketahanan stamina anda di uji. Jadi jika anda kurang kuat untuk menaiki anak tangga, kami tidak sarankan anda untuk mengunjungi tempat wisata air terjun ini.

Fasilitas, Tiket Masuk & Tempat Parkir

Objek wisata air terjun Tegenungan sebelumnya kurang mendapat perawatan, namun sekarang sudah mulai rapi, tertata dan bersih. Hal ini akan terlihat pada saat anda sudah sampai di tempat parkir kendaraan. Khusus di areal parkir, anda akan melihat adanya warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman.

Dulu saat di tempat ini ada wisata bunjee jumping, anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 4.000 untuk dewasa dan anak-anak sebesar Rp 2.000. Wisata bunjee jumping saat ini sudah tidak ada lagi di lokasi wisata air terjun Kemenuh. Kemudian tidak ada biaya masuk ke objek wisata air terjun alami Tegenungan.

Namun untuk membiayai perawatan tempat wisata, saat ini setiap pengujung akan di kenakan tiket masuk objek wisata. Untuk tiket masuk anda akan dikenakan biaya Rp 15.000 / orang. Dengan adanya biaya tiket masuk, objek wisata air terjun alami Tegenungan mulai terlihat tertata rapi.

Quick Search
Categories and Posts
Objek Wisata Bali 20
Popular Posts